29 Januari 2009 admin 4Comment

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menargetkan pada tahun 2015 para perawat harus berpendidikan S1 (strata satu).

Ketua PPNI Jawa Timur Bambang Tetuko belum lama ini mengemukakan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan medis yang dilayani perawat, maka mulai sekarang harus meningkatkan kualitas perawat melalui jenjang pendidikan.

“Dengan jenjang pendidikan tinggi otomatis akan meningkatkan pelayanan kepada pasien,”tegas Bambang.

Bila tahun lalu lebih banyak perawat hanya berpendidikan SPK, namun saat ini sudah banyak yang D3.

“Artinya, perawat juga dituntut untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan keperawatan,”ujarnya.

Menurut dia, jika pada tahun 2015 tenaga perawat harus menyandang gelar S1 maka sudah layak sesuai dengan perkembangan kebutuhan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya harap tenaga perawat di daerah juga mengikuti kualifikasi pendidikan yang harus di sandang pada tahun 2015 nanti,”demikian Bambang.

Sumber Pusdiknakes

4 thoughts on “2015 perawat harus S1

  1. Saya setuju mendukung perawat harus S1, tapi gajinya harus S1 juga, jangan perawat S1 gaji SMA, ini yang mesti dipertimbangkan, banyak tuntutan tentang profesional perawat namun kompensasinya jarang dipertimbangkan, masih banyak perawat yang bergaji dibawah UMP atau UMK atau UMR, ini sangat mengecewakan.
    Depkes maupun PPNI-pun sampai sekarang juga belum bisa menentukan standard pengajian yang memuaskan perawat,tapi marilah kita berkaca seperti perawat-perawat diluar negeri yang sudah menetapkan pengajian berdasarkan kompetensi dan  hour rate, rasanya bisa dicoba di Indonesia, ya lumayan kalau 1 jam 50.000, kan kerja 8 jam 400.000, hahahahah

  2. Thank you very much for another helpful post. I have been a big fan for a few months, and I have been enjoying ever second of it With so many autogenerated blogs out there, its refreshing to find a real one. I run a blog that is very similar, is there any way you would write a guest post on it? Shoot me an email if you are interested!

  3. Profesi perawat di Indonesia begitu di anak tirikan dengan tuntutan profesi yang begitu tinggi dan jam kerja yang begitu panjang disertai beban kerja yang lumayan tinggi, tapi penghargaan dari pemerintah, organisasi profesi perawat dan masyarakt sangat rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *