1 Desember 2006 admin 8Comment

IGOS Nusantara, sebuah distribusi Desktop Linux turunan Fedora Core 5 akan diluncurkan pada tanggal 4 Desember 2006. Demikian keterangan yang diberikan Bapak Dr. Ir. Engkos Koswara, sebagai penanggung jawab program IGOS dalam wawancara bersama FM 89.2 dengan publik petang ini 14 November 2006.

Menurut Bapak Dr. Koswara, distro IGOS Nusantara yang dikembangkan pemerintah tersebut, mengemban misi IGOS dalam menyediakan software alternatif yang bebas dan terjangkau, guna mempersingkat kesenjangan teknologi informasi, seraya mendorong percepatan peningkatan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan software bebas (OSS: Open Source Software).

Dalam kesempatan yang sama, juga disinggung mengenai rencana penyediaan repositori, yaitu sebuah lumbung software sumber terbuka, dimana pengembang dan siapa saja dapat berpartisipasi dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan software nasional.

Sebuah ‘test bench’, yaitu sistem pengujian laik pakai untuk software open source, disebutkan kini telah tersedia akan melengkapi perkakasan dalam pengembangan software dan rencananya akan diresmikan bersama peluncuran IGOS-Nusantara.

IGOS Nusantara menggunakan Fedora Core 5 dari jalur turunan Red Hat sebagai basis, ditampilkan sebagai desktop dengan bahasa Inggris. Mengemas paket-paket aplikasi sumber terbuka terutama OpenOffice.org versi terkini (v2.0.4?).

Pelucuran IGOS Nusantara oleh Menristek dijadwalkan pada:
Tangggal:
4 Desember 2006 jam 14.00
Tempat:
Gedung BPPT II Lt. 3,
Jl. Moh Thamrin 8,
Jakarta 10340
Pada kesempatan yang sama, dijanjikan akan dibagikan media (CD) IGOS-Nusantara kepada pengunjung yang hadir dalam acara peluncuran tersebut.

8 thoughts on “IGOS Nusantara Segera Diluncurkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *