Who Am I

in Tekhnologi

Menyudahi riset yang berlangsung lebih dari 2 tahun lamanya di AS sekelompok ahli yang terdiri atas himpunan 100 ilmuwan telah berhasil menciptakan suatu program komputer baru permodelan iklim bumi yang lebih canggih dibanding yang telah ada sebelumnya.

Aplikasi komputer baru ini yang baru diluncurrkan pada bulan Juni y.l. terbilang amat hebat karena berhasil mengintegrasikan variabel yang sebelumnya belum dapat dimasukkan dalam model simulasi yakni pengaruh dari dari aliran arus dalam lautan serta variabel perubahan dalam suhu permukaan bumi.

Dengan keberhasilan ini maka model yang disebut dengan CCSM-2 atau Community Climate System Model, vers. 2 – akan digunakan secara intensif oleh para ilmuwan guna menelaah lebih mendalam kedepan bagaimana sebenarnya iklim bumi terjadi serta mengadakan eksperimen berdasar serial skenario “what-if” guna dapat menentukan prakiraan bagaimana iklim bumi di masa mendatang.

Para peneliti juga akan mengamati model iklim bumi sepanjang masa yang lalu, yakni dengan mensimulasikan terjadinya silih bergantinya perubahan musim yang berlangsung menurut keseimbangan iklim bumi dalam jangka periode berabad-abad yang lalu.